On Job Training

Kalau menurut definisi dari sini, On Job Training atau kita singkat jadi OJT yaitu A method of preparing an employee to perform a task by providing them with information about the task, a demonstration of its performance, an opportunity for the employee to imitate the demonstration and subsequent feedback. Many business operators feel that effective job training makes an important contribution to their company’s success.

Jadi secara pengertian yang saya tangkap, ya sama dengan magang. Intinya menyiapkan seorang pegawai baru untuk bekerja dengan mengetahui berbagai tugas terkait pekerjaan dan biasanya langsung mendapat bimbingan dari senior.

Tapi dalam praktek yang diterapkan oleh instansi dimana saya ditempatkan agaknya berbeda.

Terhitung sejak bulan November tahun lalu saya berstatus…duh saya bingung. Dibilang calon pegawai juga belum, karena belum dapat gaji 80%. Tapi anehnya di database sudah disebutkan sebagai pegawai yang diperbantukan. Dan tertulis juga sebagai calon pegawai. Tapi kan belum…ah sudahlah haha, saya tidak terlalu memusingkan status. Toh status jomblo saya juga biasa aja :mrgreen:

Setelah induksi atau pengenalan instansi kementerian di student centre kampus yang langsung dihadiri oleh menteri baru pada tanggal 5 November, siangnya pengumuman penempatan magang keluar. Alhamdulilah saya mendapat penempatan magang yang dekat dengan rumah. Jarak tempuh sekitar 15-20 menit dengan kecepatan normal. Jika dibandingkan dengan beberapa teman saya, saya termasuk yang beruntung bisa dapat penempatan magang di homebase. Mungkin salah satunya karena faktor luar jawa.

Tanggal 10 November lapor ke kantor untuk magang. Diterima dengan sangat baik. Tapi ternyata saya belum bisa dikatakan magang.

Jadi begini, sebelum diangkat menjadi calon pegawai. Saya harus melewati beberapa tahapan. Tahapan pertama, yaitu pada tanggal 10 November – 5 Desember, tahapan itu disebut orientasi. Saya kemudian ditempatkan di salah satu seksi yang membutuhkan. Dan akhirnya menempati seksi Pengawasan dan Konsultasi. Untuk orientasinya sendiri dilakukan oleh kepala Sub Bagian Umum dan kepala seksi Pemeriksaan dan Kepatuhan Internal selama 4 kali pertemuan. Yang dibahas antara lain terkait kode etik, struktur organisasi, prosedur pelaksanaan dll. Selama tidak ada pertemuan untuk orientasi, ya berarti ikut membantu pelaksanaan tugas di seksi dimana ditempatkan.

Nah setelah itu, barulah masuk ke tahap On Job Training atau OJT. Saya memulai masuk ke tahap ini di tanggal 8 Desember. Pertama OJT, saya ditempatkan di seksi Penagihan. Awal masuk langsung bertemu dengan kepala seksi dan diberikan briefing terkait apa saja tupoksi di seksi tersebut.

Selama tahap OJT di setiap seksi nanti akan diberikan masing-masing 4 prosedur pelaksanaan untuk dipelajari dan dilaksanakan sesuai arahan dari kepala seksi. Dan biasanya justru senior yang akan banyak sekali membantu.

Perpindahan selama tahap OJT disepakati 2 minggu sekali. Karena ada 6 seksi yang harus dimasuki maka tahap OJT ini berlangsung kurang lebih selama 3 bulan. Berarti sekitar Februari 2015 akhir, tahap OJT akan selesai. Dan barulah digantikan dengan Magang.

Kalau kata senior, nanti ketika magang akan ditempatkan di salah satu seksi seperti pada awal orientasi, tergantung kebutuhan dan kebijakan kasubag umum. Pada saat magang akan membantu pelaksanaan tugas di seksi dimana ditempatkan. Dan yang bikin deg-degan sembari magang, adalah penantian penempatan definitif.

10 comments

      1. Hehe, berarti memang belum Pak. Mungkin nanti setelah penempatan definitif. Mohon doanya, dapet penempatan definitif yang barokah Pak ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

