Hati-Hati Bersosial Media

Berinternet sepertinya memang sudah masuk ke dalam tatanan hidup kita. Lebih khusus lagi dalam penggunaan media sosial. Kadang waktu yang digunakan untuk berinteraksi secara riil dengan manusia di sekeliling kita jauh lebih sedikit dibandingkan saat berinteraksi di media sosial.

Bahkan dengan semakin beraneka ragamnya jenis media sosial. Membuat aktivitas yang setiap hari kita lakukan dapat diikuti oleh teman-teman atau follower di media sosial. Mereka dapat mengetahui semua kegiatan yang kita lakukan. Ya tentu saja karena kita sendiri yang mengupdate semua kegiatan kita. Hal ini bisa menimbulkan akibat buruk pada kita lho. Kok bisa?

Awalnya saya juga nggak pernah kepikiran kalau dalam menggunakan media sosial bisa berakibat buruk. Tapi kemudian setelah mendengar beberapa kasus terkait media sosial, saya mulai sadar bahwa dalam menggunakan media sosial ada ancaman tersendiri yang bisa saja mendatangi kita jika tidak berhati-hati.

Ada sebuah iklan yang memberikan kita gambaran bagaimana berbahayanya penggunaan media sosial. Berikut videonya.

Kebetulan iklan ini yang muncul ketika saya hendak menonton salah satu video di youtube.

Mungkin kalau yang menggunakan handphone, ketika membaca postingan ini mengalami kesulitan dalam menonton videonya. Saya ceritakan sedikit mengenai isi videonya.

Video ini bercerita tentang beberapa scene dimana ada seorang cewek yang mendapat telepon misterius. Sehingga membuat si wanita jadi ketakutan. Tapi ini karena kesalahan wanita itu sendiri yang mempublish nomer handphonenya di media sosial.

Terus ada juga cowok yang setiap detil kehidupannya diupdate di media sosial. Nah, ternyata followernya ada yang berniat jahat yaitu ingin mencuri di rumah cowok tersebut. Karena setiap detil kehidupannya diupdate, otomatis orang yang berniat jahat ini jadi tahu dan dengan mudah mencuri barang-barang yang ada di rumah cowok tersebut.

Cerita yang ketiga hampir mirip dengan yang kedua. Setiap detil kehidupannya diupdate di media sosial. Dan followernya ada yang berniat jahat juga sama dia. Jadi followernya ini ngikutin aktivitas si cewek yang setiap saat update. Dan akhirnya…nonton sendiri deh, haha 😛

Ada pesannya juga dari iklan ini yaitu :

“Kebanyakan Sharing Tanpa Disaring, Bukannya Gaya Malah Bahaya.”

“Jadi, Masih Mau Sharing Sembarangan Di Dunia Maya? #JanganAsal”

Ada websitenya juga di http://www.loop.co.id/janganasal

Yuk lebih hati-hati dalam menggunakan media sosial. 😀

Advertisements

10 comments

  1. Ati2 itu sama teman baru di dunia maya yg sok akrab dan ngajak ketemuan. Ini sering kejadian dimana saat temanya itu di ajak kerumah malah dia jd pencuri. lgi ambil minum pas balik lagi taunya dia udah pergi, kabur bawa barg berharga. Bisa jga caper dan pura-pura kna masalah atau pura-pura menderita dan minta bantuan dana. Haha

  2. aku udah lihat videonya. dan emang bener sih. Suka ngga ngerti sama orang yang terlalu detail publish kehidupannya di socmed. Padahal itu bahaya banget loh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s